Saturday, August 15, 2015

Apa Itu Google Webmaster Tools?

Apa itu Google Webmaster Tools, Fungsi, Manfaat, dan Kegunaannya - Bagi para blogger professional tentu saja sudah sangat tidak asing mendengar kata Google Webmaster Tools. Google Webmaster Tools merupakan kebutuhan primer bagi para blogger jika ingin blognya seo friendly.

Namun, bagi para blogger newbie seperti saya ini, yang baru tahu betapa besar manfaat dari Google Webmaster Tools, tentu pada awalnya masih merasa asing dengan fitur yang disedikan oleh Google ini. Setelah blogwalking kesana kemari akhirnya baru tahu apa itu Google Webmaster Tools dan manfaatnya.

Google Webmaster Tools merupakan fitur yang disediakan secara gratis oleh google yang sangat berguna bagi para pemilik blog, disamping fitur Google Analtyc. Saat anda pertama kali membuka halaman pendaftaran Google Webmaster Tools, maka anda akan mendapatkan tulisan seperti ini:

Manfaat Google Webmaster Tools
Di situ tertulis "You want to be found on the web. We want to help". "Anda ingin ditemukan di web. Kami ingin membantu".

Dari kata-kata itu sebenarnya sudah terkandung fungsi utama dari Google Webmaster Tools, yaitu supaya blog atau situs kita mudah dicari oleh orang, mudah ditemukan lewat mesin pencari, terutama oleh mesin pencari google.

Dengan terdaftarnya blog kita di Google Webmaster Tools, maka blog kita akan cepat terindeks oleh mesin pencari google sehingga pada saat seseorang mengetikkan kata kunci di mesin pencari google yang isinya tentang postingan kita, blog kita akan muncul di  halaman pencarian tersebut.

Sebenarnya setiap postingan kita di blog, pasti pada akhirnya akan terindeks juga oleh google dan akan muncul di halaman pencarian google. Namun, jika tidak menggunakan Google Webmaster Tools, maka waktu agar postingan kita terindeks oleh mesin pencari lebih lama.

Dengan adanya Google Webmaster Tools ini, dalam hitungan detik saja postingan kita sudah langsung bisa muncul di halaman mesin pencari setelah postingan blog kita terbitkan.

Selain manfaat tersebut, Google Webmaster Tools memiliki menu-menu yang masing-masing mempunyai manfaat tersendiri.

Menu-menu yang ada di Google Wemaster Tools


Saat anda masuk ke dalam dashboard Google Webmaster Tools, maka anda akan mendapati menu-menu yang ada di Google Webmaster Tools sebagai berikut:

Menu Google Webmaster Tools
Dari gambar tersebut dapat dilihat bahwa menu-menu yang ada di Google Webmaster Tools yang berguna untuk memanage blog kita sebagai berikut:

1. Search Appearance


Di dalam menu search appearance ada 4 submenu yaitu Structured data, data highlighter, HTML Improvements, dan Sitelinks.

2. Search Traffic


Di dalam menu search traffic ini terdapat 6 submenu yaitu Search Analytics, Links to your site, Internal Links, Manual Actions, International Targetting, dan Mobile usability.

3. Google Index


Di dalam menu google index terdapat 4 submenu yaitu Index status, content keywords, blocked resources, dan Remove URLs.

4. Crawl


Di dalam menu crawl terdapat 6 submenu yaitu crawl errors, crawl stats, fetch as google, robot.txt tester, sitemaps, dan URL parameters.

Selanjutnya Baca 4 Cara Submit URL ke Google Webmaster Tools.

Romeltea Media
Blogging Updated at:
Get Free Updates:
*Please click on the confirmation link sent in your Spam folder of Email*

Be the first to reply!

Post a Comment

 
back to top