Saturday, October 3, 2015

Hot! Cara Baru Membeli Domain di Google Domains

Apa Itu Google Domains? Bagaimana cara membeli domain di Google Domains? Mungkin ini adalah beberapa pertanyaan yang muncul di benak saya saat mengetahui bahwa Google sekarang menyediakan jasa pembelian domain juga.

Saya sendiri belum lama mengenal Google Domains, meskipun google sudah memposting sebuah tulisan di buzz.blogger.com sejak Januari 2015. Berikut ini adalah tulisan di buzz.blogger.com tersebut yang memberitahu saja pertama kali tentang Google Domains.

Google Domains
Google Domains ini memang baru dirilis pada awal tahun 2015 ini. Sampai tulisan ini diposting, Google Domains masing merupakan versi beta.

Adanya Google Domains memberikan alternatif baru bagi para blogger untuk custom domain dengan domain TLD. Bagi para blogger yang ingin menggunakan domain.com, .net, dan lainnya tentunya akan mempunyai banyak referensi untuk menentukan mana kira-kira yang terbaik.

Adanya perubahan domain dari blogspot.com ke blogspot.co.id bisa jadi juga salah satunya karena adanya Google Domains ini.

Google Domains, sebelum resmi diluncurkan di tahun 2015, terlebih dahulu telah diuji coba, seperti situs Scott Pincus Desain dan Hidden Springs Soap.

Saya sendiri punya pengalaman membeli domain baru di dua tempat yaitu rumahweb dan niaga hoster. Dengan adanya Google Domains ini tidak menutup kemungkinan suatu saat bakal membeli juga domain di Google Domains.

Apakah Blogger Indonesia Bisa Membeli Domain di Google Domains?


Bagi anda yang baru tahu bahwa Google telah menyediakan layanan baru berupa Google Domains, mungkin anda langsung berminat dan ingin mencoba membeli domain di Google Domains.

Tapi tunggu dulu, anda mesti bersabar untuk hal itu.

Pasalnya, Google Domains ternyata masih belum support untuk negara Indonesia. Saat ini, Google Domains hanya mendukung pembelian domain untuk negara USA. Tapi suatu saat pasti Google Domains bakal melebarkan sayapnya ke Indonesia.

Custom Domain di Google Domains

Jadi, bagi anda yang benar-benar berminat membeli domain di Google Domains, tetap sabarlah menanti sampai proyek itu support ke negara kita ini.

Atau, anda tetap bisa membeli domain di Google Domains ini dengan syarat anda mempunyai US Billing Address.

Berapa Harga Domain yang Ditawarkan oleh Google Domains?


Harga domain tentu saja berbeda-beda, tergantung tipe domain yang dipilih. Sama seperti jasa penyedia layanan hosting dan domain lainnya, harga untuk domain.com, domain.net, domain.id, domain.org dan domain yang lainnya tentunya harganya berbeda.

Berikut ini adalah contoh harga domain yang ditawarkan oleh Google Domains:

Harga Domain di Google Domains

Dari contoh daftar harga tersebut, harga paling murah sebesar $12 per tahun untuk domain.com, domain.net, domain.org, dan domain.us.

Sedangkan harga paling mahal berlaku untuk domain.sarl dengan harga $40 per tahun. Harga yang tertera tersebut adalah belum termasuk pajak.

Jika dirupiahkan dengan tarif $1 = Rp14.000,- maka harga domain paling murah sebesar Rp168.000,- per tahun dan paling mahal sebesar Rp560.000,-.

Harganya memang lebih mahal jika dibandingkan dengan membeli di penyedia domain lokal yang berkisaran harga masih bisa di bawah Rp100.000,- per tahun. Namun, bagaimana kualitasnya apakah lebih baik atau tidak, saya belum membuktikannya.

Kemungkinan, karena domain ini disediakan oleh Google, akan ada kemudahan atau fasilitas tertentu yang diterima oleh blogger jika membeli domain di Google Domains.

Oh iya, untuk pilihan domain, pilihannya bukan hanya seperti gambar di atas. Anda dapat memilih domain lain dengan mengklik add extension dan memilih domain yang anda kehendaki seperti domain.works.

Cara Membeli Domain di Google Domains


Meskipun belum support negara Indonesia, tidak ada salahnya mencoba-coba hal baru. Bagi anda yang ingin mencoba Google Domains, silakan buka dulu situsnya di  domains.google.com.

Beli Domain di Google Domains
isikan nama domain yang anda kehendaki. lalu klik search maka akan muncul pilihan domain dengan jenis harganya.
Pilih Domain di Google Domains
Silakan pilih domain yang anda kehendaki dan klik gambar keranjang yang ada tanda + di atas.

langkah membeli domain di google domains
Selanjutnya klik "Proceed to Checkout".
urutan membeli domain google domains
Isikan semua data yang diperlukan, klik continue. Lalu klik mulai sekarang.

google domains
Isikan alamat, kode pos, metode pembayaran dan lain lain lalu klik setuju dan lanjutkan, lalu ikuti proses sampai dengan selesai.

Demikian tadi ulasan singkat tentang Google Domains. Mudah-mudahan bermanfaat. Salam blogger!

Romeltea Media
Blogging Updated at:
Get Free Updates:
*Please click on the confirmation link sent in your Spam folder of Email*

Be the first to reply!

Post a Comment

 
back to top