Sunday, November 1, 2015

2 Cara Mengganti Template Blogger Yang Harus Anda Ketahui

Cara mengganti template blogger - Bagi anda para blogger tentunya suka mengganti template blog anda. Saya sendiri juga sering mengganti template blog. Apalagi pada saat baru belajar blog, mengganti-ganti template blog lebih sering saya lakukan dibandingkan dengan membuat postingan di blog, yang seharusnya menjadi tujuan utama blogger.

Awal-awal saya mengenal blog, sering saya searching di google mengenai template blog yang menurut saya paling keren dan saya terapkan ke blog saya, lalu tidak bertahan lama, hanya beberapa hari, saya ganti lagi dengan yang lain.

Mengganti template blog tentu saja tidak salah. Yang salah adalah, terlalu sering mengganti template blog sampai lupa tujuan utama ngeblog. Menulis artikel di blog adalah tugas utama seorang blogger. Jangan sampai sebuah blog miskin artikel, karena terlalu sibuk mengurus template dan tampilan.

Perlukah Mengganti Template Blog?


Apakah mengganti template perlu dilakukan? Tergantung kondisi. Jika template blog anda tidak SEO friendly dan juga tidak responsif, maka lebih baik template blog anda diganti dengan yang lebih SEO friendly dan responsif.

Selanjutnya, mengganti template blog yang tidak perlu adalah mengganti template blog yang terlalu sering. Mengapa sering berganti-ganti template blog tidak dianjurkan? Setidaknya ada dua alasan.

#1. Pertimbangan Waktu

 
Alasan pertama, antara template blog yang satu dengan yang lain biasanya memiliki kode-kode yang berbeda, bahkan mungkin sangat berbeda. Jika anda mengganti template blog, tampilan blog anda pada awalnya biasanya kacau.

Untuk merapikan kembali tampilan blog anda, akan menyita waktu yang cukup banyak sampai tampilan blog anda benar-benar rapi seperti semula. Biaya waktu inilah yang mesti anda perhatikan saat mengganti template blog.

Terlalu sering mengganti template blog artinya anda akan menghabiskan terlalu banyak waktu yang sangat berharga, yang dengan waktu tersebut seharusnya anda dapat menghasilkan banyak artikel di blog anda.

#2. Alasan Profesional


Alasan kedua, terlalu sering mengganti template blog membuat blog anda terlihat tidak profesional. Blog yang terlalu sering berganti template akan terlihat seperti "blog labil" yang tidak mempunyai pendirian yang tetap.

Blogger-blogger profesional pun memang terkadang mengganti template blognya, namun hanya sesekali saja. Tidak sesering aktivitas makan kita yang sehari tiga kali ^_^.

Mengganti template blog sebenarnya sah-sah saja. Mengapa mengganti template blog perlu juga?

#1. Ganti Suasana


Sudah menjadi tabiat manusia, jika tiap hari berhadapan dengan sesuatu yang sama, lama kelamaan rasa jenuh pasti datang. Begitu juga dengan seorang blogger, melihat blognya seperti itu setiap hari juga bakalan jenuh.

Bukan cuma pemilik blog, pengunjung blog pun rasanya bakal jenuh melihat tampilan blog yang gitu-gitu aja tidak pernah berubah.

Saat blog berganti template biasanya akan fresh lagi dengan tampilan yang berbeda. Namun, sekali lagi, tampilan bukan faktor utama. Konten blog yang bagus itulah yang paling penting agar pengunjung blog tetap setia berkunjung.

#2. Perkembangan Teknologi


Perkembangan teknologi yang begitu pesat terkadang memaksa seorang blogger untuk mengganti templatenya. Pada awalnya blogger mungkin hanya memperhatikan template blog yang penting SEO friendly.

Seiring berkembangnya jaman dengan majunya produksi telepon seluler, akhirnya perlu juga template yang responsif yang bisa berjalan baik saat di buka di semua gadget dengan berbagai ukuran layar.

Mau tidak mau, temple blog yang ada harus diganti atau disesuaikan untuk menyesuaikan pesatnya perkembangan teknologi.

Panduan Memilih Template Blog


#1. Pilihlah Template Sederhana


Jika anda akan mengganti template blog, carilah template blog yang sederhana dengan latar belakang warna putih. Background warna putih membuat blog anda enak dan mudah dibaca oleh pengunjung. Background warna putih juga membuat mata tidak cepat sakit saat membaca konten blog.

#2. Pilihlah Template yang SEO Friendly dan Responsif


Jika blog anda mengandalkan mesin pencari untuk mendatangkan banyak pengunjung, maka template yang SEO Friendly merupakan salah satu syarat yang harus dipenuhi. Dengan template yang SEO Friendly, blog anda akan lebih mudah diindex oleh mesin pencari.

Untuk mengecek apakah template blog SEO Friendly atau tidak, bisa mengunjungi www.chkme.com.

Selain SEO Friendly, template blog juga harus responsif. Google juga mempertimbangkan tingkat responsif template dalam menentukan peringkat di mesin pencarinya. Silakan cek apakah template blog anda responsif atau tidak di www.resposinator.com.

Bagi anda yang ingin mendapatkan template blog SEO Friendly dan Responsif gratis bisa mengunjungi blog-blog yang suka berbagi template blog gratis berikut:

a. Romeltea Media

Saya memakai template dari www.romelteamedia.com untuk blog saya ini. Bagi anda yang ingin mendapatkan template blog gratis lainnya yang responsif dan SEO Friendly dapat mengunjungi blong tersebut. Berikut tampilan saya memakai Template Romeltea Media:

template blog gratis romeltea media
 

b. sugeng.id

Bagi anda para blogger pasti sudah sangat kenal dan akrab dengan template blog karya mas sugeng dengan evotemplate-nya. Contoh template blog SEO Friendly dan Responsif karya mas sugeng terbaru tahun 2015 seperti tampilan berikut:

template seo friendly dan responsif terbaru mas sugeng

c. Arlina Design

Termasuk template blog gratis SEO Friendly dan Responsif yang saya suka dan saya pakai di blog saya adalah template dar Mbak Arlina ini. Di blognya, Mbak Arlina berbagi-bagi template blog gratis yang dapat anda download secara cuma-cuma.

Template dari Mbak Arlina ini juga banyak macamnya. Tersedia juga template premium bagi anda yang ingin mengeluarkan sedikit uang untuk blog anda.

Cara Mengganti Template Blogger


Setelah anda menentukan template mana yang mau anda pakai dan alasan anda mengganti template anda, kini tinggal anda melakukan eksekusi untuk mengganti template blogger anda.

Seperti judul yang tertulis di atas, ada dua cara mengganti template blogger, yaitu:

#1. Melalui Submenu Sesuaikan


Cara pertama adalah melalui submenu Sesuaikan. Silakan masuk ke dashboard blogger anda, klik menu template dan pilih submenu "Sesuaikan" seperti gambar berikut:

cara mengganti template blogger
cara ganti template blogger

Di sini anda bisa merubah template blog anda menggunakan menu bawaan dari blogger. Cara ini agak susah dan lebih ribet bagi seorang blogger pemula.

#2. Unggah Template Blog


Cara mengganti template blogger yang kedua ini adalah cara yang paling mudah mengganti template blog. Anda tinggal download template blog, misalkan anda download dari blognya mas sugeng, lalu anda unggah ke blogger.

Sebelum anda mengubah template blog anda jangan lupa untuk menyimpan template anda terlebih dulu.

cara mudah mengganti template blogger
Langkah-langkah mengganti template Blog:
  • Angka 1: pilih cadangkan/pulihkan maka akan muncul jendela pop up seperti di atas.
  • Angka 2: Backup dulu template adan dengan klik angka 2 yaitu unduh template lengkap.
  • Angka 3: Langkah terakhir, klik angka 3, browse tempat anda menaruh template blogger yang sudah anda download lalu pilih dan jangan lupa klik unggah.

Itulah tadi Cara untuk Mengubah Template blogger.

Romeltea Media
Blogging Updated at:
Get Free Updates:
*Please click on the confirmation link sent in your Spam folder of Email*

Be the first to reply!

Post a Comment

 
back to top